Pages

Ads 468x60px

About Me

Foto Saya
welcome to my life
just a simple boy and part of FrontalFc :)
Lihat profil lengkapku

Senin, 23 Januari 2012

Cara Membuat Password Aman Dan Mudah Diingat

Setelah satu tahun berlalu, mungkin anda telah mendaftar di banyak situs atau blog. Mungkin untuk keperluan belanja online, finansial atau hanya sekedar iseng di forum saja. Namun jika akun yang anda miliki itu penting, memuat informasi kartu kredit atau finansial misalnya, lebih baik anda menggunakan password yang lebih aman.

Sebuah penyedia aplikasi manajemen password,
SplashData merilis 25 Worst Password of the year atau 25 password terburuk untuk tahun 2011, yang juga secara eksklusif dibahas oleh Mashable.
SplashData menyusunnya dari banyak berkas berisi jutaan password yang dicuri oleh hacker. Yang dimaksud buruk disini adalah password itu terlalu umum dan terlalu mudah ditebak.

Selain memberikan data tentang password yang terlalu umum, SplashData juga menyedikan beberapa tips menarik yang perlu diperhatikan dalam membuat password, yaitu:


Quote:
-Pastikan password anda minimal 8 (delapan) digit.
-Gunakan karakter yang berbeda-beda (huruf besar dan kecil), angka dan spesial karakter jika memungkinkan.
-Jangan gunakan password yang sama untuk situs yang berbeda.
Lantas bagaimana caranya agar mudah membuat password yang aman namun mudah diingat? Saya bisa memberikan contoh trik membuat password sebagai berikut:
[quote]-Ambil satu kalimat yang menurut anda berhubungan dengan website tersebut. Misalnya anda memiliki akun Kaskus, bisa ambil kalimat seperti ini: Aku Punya Akun Di Kaskus
-Ambil huruf pertama dari tiap kata,apadk
-Rubah huruf pertama dan tiap dua huruf menjadi huruf kapital,ApAdK
-Tambahkan bulan dan tahun kelahiran anda di depan dan belakang frase tadi,
10ApAdK98
-Tambahkan satu saja karakter khusus untuk mengapit frase diatas misalnya @ menjadi @10ApAdK98@ maka jadilah password anda yang aman.
Anda tidak harus menggunakan trik persis seperti diatas, namun selalu gunakan pola yang sama untuk setiap password anda, sehingga anda bisa mengingatnya tanpa perlu menulis. Jika anda terpaksa harus menulisnya di suatu tempat, pastikan anda menggunakan penyandian sehingga hanya anda yang tahu kombinasi username dan password itu digunakan di situs mana.

0 komentar:

Posting Komentar