Pages

Ads 468x60px

About Me

Foto Saya
welcome to my life
just a simple boy and part of FrontalFc :)
Lihat profil lengkapku

Senin, 03 Oktober 2011

Walah Indonesia Juara Dunia Buang Air Besar di Tempat Terbuka


Bukti Otentik

VIVAnews - UNICEF, badan Perserikatan Bangsa-bangsa untuk perlindungan anak, melansir hasil survei yang menemukan Indonesia bersama India dan China adalah juara-juara dunia untuk buang air besar (BAB) di tempat terbuka. Indonesia bersama China berada di posisi dua dunia untuk BAB di alam terbuka.

Nomor satu adalah India. UNICEF melansir, 58 persen dari populasi dunia yang BAB di alam terbuka berada di India. Kemudian China dan Indonesia masing-masing memiliki 5 persen dari populasi yang BAB di alam terbuka. Pakistan di posisi tiga bersama Ethiopia, masing-masing 4,5 persen. Total, menurut data UNICEF/WHO pada 2010, 1,1 miliar orang di dunia yang BAB di alam terbuka.

Menteri Pembangunan Pedesaan India Jairam Ramesh, menyatakan data ini memalukan negerinya. "Kami harus membuat sanitasi sebagai sebuah kampanye politik seperti yang telah dilakukan Gandhi," katanya dilansir The Times of India.

Kampanye politik untuk memberantas BAB di alam terbuka ini pun dilansir India pada 2 Oktober, hari kelahiran Mahatma Gandhi, bapak Bangsa India.

Besarnya persentase yang BAB di alam terbuka ini didorong oleh besarnya populasi India. Indonesia, yang hanya menyumbang 5 persen orang BAB di alam terbuka sedunia, secara nasional angka itu mencapai 26 persen populasi penduduk. Ethiopia lebih besar lagi, mencapai 60 persen penduduknya.

Berikut data WHO/ UNICEF soal BAB di alam terbuka:

- BAB di alam terbuka terus menurun. Angkanya menyusut dari 25 persen populasi dunia di tahun 1990 ke 17 persen di 2008;

- Tahun 2010, 1,1 miliar orang masih BAB di alam terbuka. Tujuh negara yakni India, Indonesia, China, Ethiopia, Pakistan, Nigeria, Sudan, Nepal, Brazil, Niger dan Bangladesh menjadi rumah dari 81 persen yang BAB di alam terbuka itu.

0 komentar:

Posting Komentar